MenPANRB : Alat yang Digunakan BNPB Canggih

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur bersama Ketua Komisi VIII DPR RI M. Ali Taher Parasong melakukan kunjungan kerja ke BNPB, Pramuka, Jakarta (12/1). Kunjungan kerja tersebut, diterima langsung oleh Kepala BNPB Willem Rampangilei.

Kedua tamu langsung diajak berkeliling BNPB oleh Kepala BNPB, salah satunya mengunjungi diorama bencana yang terletak di lantai 11 dan 12 Graha BNPB. Diorama menyajikan penjelasan pengetahuan tentang gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, angin puting beliung, penanganan bencana oleh BNPB, histori bencana di Indonesia dan sebagainya. Selain itu, menteri dan ketua Komisi VIII juga diajak ke Pusdalops BNPB yang beroperasi 24/7. “Alat-alat yang digunakan BNPB canggih, karena dapat mengumpulkan data-data/informasi tentang bencana dan dapat melakukan pemantauan dan deteksi dini semua potensi, ancaman dan kejadian bencana secara real time” ucap Asman.

 

Pada kesempatan itu juga, rombongan juga menyempatkan mengunjungi ruangan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance (AHA Centre) yang terletak di lantai 13. (acu).