Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BNPB Tahun Anggaran 2018

PENGUMUMAN

Nomor: 31/BNPB/09/2018

TENTANG

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

 BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA

TAHUN ANGGARAN 2018

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 91 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun Anggaran 2018, membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi untuk mengabdikan dirinya menjadi CPNS di lingkungan BNPB untuk mengisi lowongan formasi dengan kualifikasi pendidikan tertentu, dengan ketentuan sebagai berikut:

 

  1. PERSYARATAN PELAMAR
    1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    2. Memiliki kualifikasi pendidikan jenjang dan jurusan sesuai dengan formasi yang dibutuhkan (daftar formasi terlampir);
    3. Pada saat pendaftaran, pelamar berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan usia maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada saat mendaftar;
    4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
    5. Tidak berkedudukan sebagai Calon/PNS, Calon/Anggota TNI/Polri;
    6. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
    7. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
    8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    9. Tidak pernah terlibat gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    10. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar berijazah:
      1. Sarjana (S-1), Diploma IV (D-IV) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
      2. Diploma III (D-III) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);

 

  1. TATA CARA PENDAFTARAN
    1. Pengumuman dilaksanakan melalui website http://www.bnpb.go.id dan pendaftaran secara online melalui website http://sscn.bkn.go.id
    2. Pelamar harus melengkapi persyaratan:
      1. Dokumen persyaratan terdiri dari:
        1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);
        2. Pas foto berlatar belakang warna merah berukuran 3×4;
        3. ljazah dan Transkrip Nilai asli; dan
        4. Surat lamaran ditujukan Kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp.6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran dapat diunduh di website: http://www.bnpb.go.id).
      2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor lnduk Kependudukan (NlK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
      3. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran online agar mengunduh (download) dan mencetak tanda bukti pendaftaran.
      4. Batas waktu pendaftaran online dan unggah (upload) dokumen persyaratan pelamaran akan dilaksanakan pada tanggal 26 September s.d. 10 Oktober 2018;
      5. Keterangan lebih lanjut mengenai pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan diumumkan melalui website resmi BNPB (bnpb.go.id) dan Papan Pengumuman di Kantor BNPB, Gedung Graha BNPB Jl. Pramuka Kav. 38, Jakarta Timur 13120 Jakarta.

 

 

  • TAHAPAN SELEKSI
    1. Tahapan Seleksi:
      1. Seleksi Administrasi.
      2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) (bobot 40% dari bobot total).
      3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) meliputi Tes Kompetensi Bidang Penanggulangan Bencana, Psikotes dan Wawancara (bobot 60% dari bobot total).

 

  1. SISTEM KELULUSAN
    1. Kelulusan seleksi administrasi: Kualifikasi Pendidikan pelamar didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia pada laman http://www.bnpb.go.id.
    2. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
    3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan.
    4. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

 

  1. LAIN – LAIN
    1. Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
    2. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
    3. Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain.
    4. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
    5. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus dan mengundurkan diri setelah melengkapi pemberkasan akan dikenakan sanksi denda   15.000.000.- (lima belas juta rupiah) dan uang akan disetorkan ke Kas Negara.
    6. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
    7. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun Anggaran 2018 dapat mengubungi Call Center Telephone 0821 2323 2018 dan Whatsapp 0813 8058 8804 pada hari Senin s.d. Jumat pukul 09.30 s.d.15.00 WlB.
    8. Bagi pelamar yang tidak melakukan registrasi online namun hanya mengirimkan berkas lamaran fisik ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak diproses lebih lanjut.
    9. Bagi pelamar yang melakukan registrasi online namun tidak melakukan unggah (upload) di laman http://sscn.bkn.go.id dan hanya mengirimkan berkas fisik ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak diproses lebih lanjut.
    10. Peserta harus aktif mengikuti perkembangan informasi pengadaan CPNS BNPB melalui website http://www.bnpb.go.id.
    11. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

 

Jakarta, 17 September 2018

Ketua Panitia Seleksi

Pengadaan CPNS BNPB

 

Dokumen Pengumuman bisa didownload pada link dibawah ini:

Pengumuman Penerimaan CPNS BNPB 2018